• RSS
  • Facebook
  • Twitter

Sharing is fun. Playing is encouraging.

Both are fun and exciting in HerSam Playground.

  • Open Source

    OPENSOURCE

  • All About Linux

    LINUX

  • Knowledge Sharing

    KNOWLEDGE SHARING

    Selasa, 28 September 2010

    Linux adalah system operasi berkinerja tinggi,yaitu sistem operasi yang mirip UNIX.

    Sebuah sistem operasi adalah perangkat lunak utama yang beroperasi pada komputer. Tanpa sistem operasi kita tidak dapat mengoperasikan perangkat komputer lainnya dan menjalankan berbagai aplikasi perangkat lunak (software) seperti membuat document, chatting, internet browsing, bermain game dsb.

    UNIX pada awalnya dikembangkan oleh Ken Thompson di Bell Labs,peneliti legendaris dari AT & T (perusahaan besar telekomunikasi di Amerika) tahun 1969 dan mengalami peningkatan secara substansial di University of California di Berkeley (UCB) selama tahun 1970-an dan 1980-an. Banyak varian yang kemudian dikembangkan, dan mereka secara kolektif disebut sebagai sistem operasi mirip Unix. Sistem operasi mirip Unix yang secara luas dianggap sebagai sistem operasi terbaik yang pernah dibuat dalam beberapa persyaratan, termasuk stabilitas, keamanan, fleksibilitas, skalabilitas dan elegan,

    Linux dimulai tahun 1991 oleh Linus Torvalds, seorang mahasiswa di University of Helsinki di Finlandia, karena ketidakpuasan dengan MS-DOS dan keinginannya untuk mendapatkan versi UNIX bebas untuk komputer barunya . Linux kemudian berkembang cepat menjadi proyek global beranggotakan programmer dari seluruh dunia yang berpartisipasi dalam mengembangkannya melalui Internet. Kinerja Linux terus berkembang sejalan dengan pertumbuhan yang cepat dalam penggunaannya di seluruh dunia baik oleh individu, perusahaan, lembaga pendidikan dan pemerintah.

    Keunggulan Linux daripada yang lain seperti Unix-sistem operasi dalam beberapa hal. Satu adalah bahwa ia benar-benar “bebas” (boleh dibaca gratis) sangat kontras dengan biaya kepemilikan yang mahal (komersial) versi UNIX.

    Bebas dalam hal ini berarti

      1. Bebas dalam arti dapat diperoleh oleh siapa pun tanpa biaya
      2. Bebas dalam arti bahwa siapa pun yang diizinkan untuk menggunakannya untuk tujuan apapun (termasuk membuat sebagai banyak salinan yang diinginkan untuk penggunaan pribadi atau bisnis, digunakan pada sejumlah komputer, modifikasi dengan cara apapun yang dikehendaki, memberikan salinan dari versi asli atau diubah, dan bahkan menjual salinan tersebut untuk keuntungan!).
      3. Dalam hal ini Perangkat lunak yang bebas dari semua tinjauan, disebut sebagai perangkat lunak bebas atau perangkat lunak open source.

    Kebebasan ini dimungkinkan karena Linux dirilis di bawah GNU General Public License (GPL). Proyek GNU dimulai oleh Richard Stallman pada tahun 1983 dengan tujuan untuk mengembangkan system yang berkinerja baik, benar-benar bebas, serta sistem operasi mirip Unix. Pada akhirnya nama paling sesuai untuk Linux adalah GNU / Linux.

    Keuntungan lain dari Linux adalah dapat beroperasi pada berbagai perangkat keras secara luas dibandingkan dengan sistem operasi yang lain. Linux dapat dijalankan pada komputer notebook, komputer desktop, workstation, mainframes, superkomputer, perangkat genggam, ponsel (Android berbasis Linux), mesin permainan, robot industri dan bahkan jam tangan!

    Fakta yang ditemukan bahwa Microsoft Windows masih merupakan system operasi yang paling banyak digunakan sebagai sistem operasi komputer (dibeli ataupun dibajak) . Namun, Linux juga menawarkan beberapa keunggulan penting atas mereka, dan faktanya perkembangan Linux sangan cepat.

    Hal tersebut karena faktanya linux memiliki keuntungan-keuntungan sebagai beriku

      1. bebas,
      2. system yang sangat stabil (misalnya, jarang crash),
      3. sangat resisten terhadap virus komputer, spyware dan malware lainnya,
      4. berkualitas tinggi dan bukan “kacangan”, menyediakan banyak program yang benar-benar program aplikasi gratis
      5. dapat dijalankan pada komputer lama yang tidak dapat mengakomodasi versi terbaru dari Microsoft Windows :-D.

    Referensi

    The Linux Information Project. http://www.linfo.org

    0 komentar: